configure HTML

Rabu, 24 Oktober 2012

Profesi-Profesi Seorang IT


  

Pada kesempatan yang pertama ini saya akan menjelaskan berbagaiprofesi dari seorang IT.

Sekarang ini dunia teknologi informasi sudah sangat berkembang dan banyak peminatnya, dan banyak juga orang yang bekerja di bidang ini. Profesi di IT sangatlah beranekaragam yang terbagi 4 kategori yang terdiri dari 20 jenis profesi yaitu:



A} KELOMPOK KE-1
Adalah mereka yang berkecimpung di dunia perangkat lunak (software) baik mereka yang membuat sistem operasi, database maupun sistem aplikasi. Pada lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti contohnya :

1. Penganalisa Sistem
Bertugas menganalisa sistem yang akan di terapkan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kecocokan dan desain sistem yang akan dikembangkan.

2. Programer Sistim atau Software Engineer
Bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analisa yaitu merancang program (baik aplikasi atau sistem operasi) sesuai sistim yang dianalisa sebelumnya.

3. Perancang Web
Orang yang melakukan  perencanaan dalam membuat suatu program, termasuk studi kecocokan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi  web.

4. Web Programmer
Bertugas menerapkan rancangan suatu Web yg membuat program berbasis web sesuai rancangan yang telah dirancang sebelumnya.


B} KELOMPOK KE-2, 
Adalah mereka yang bergelut di perangkat keras (hardware). Pada lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaanpekerjaan seperti :

5. Insinyur Tekhnik
Orang yang bergelut dalam bidang teknik baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.

6. Insinyur jaringan
Orang yang bekerja dalam bidang teknis jaringan komputer dari perawatan sampai memperbaiki masalah yang terdapat di Web dan jaringan tsb.


C} KELOMPOK KE-3
Adalah mereka yang bergelut dalam operasional sistem informasi. Pada lingkungan kelompok ini terdapat contoh pekerjaan-pekerjaan seperti :


7. EDP Operator
Bertugas untuk menjalankan suatu program yang bekecimpung dengan elektrik proses data yang terdapat lingkungan sebuah perusahaan.

8. Sistim Administrasi
Bertugas melakukan administrasi suatu sistem, memelihara suatu sistem, memiliki kewenangan untuk mengatur  akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.

9. Administrasi Database
Orang yang bertanggung jawab kepada administrasi dan pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian2 sistem database.

10. IT Administrasi
Menyediakan pelaksanaan dan administrasi yang mencangkup Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) serta koneksi dial-up.

11.Asisten Analisis 
orang yang bertugas untuk membantu dalam permasalahan permasalahan troubleshoot melalui email atau telepon yaitu dengan cara mengambil-alih kendali para pemakai via LAN/WAN koneksi. Juga betanggung jawab dalam perencanaan, mengatur  dan mendukung proses bisnis.

  
D} Kelompok Keempat,
adalah mereka yang bekerja di pengembangan bisnis Teknologi Informasi.  Pekerjaan ini diidentifikasikan sebagai pengelompokan kerja di  sektor industri Teknologi Informasi.

12.Programmer
Bidang pekerjaan yang bertugas sebagai pemrograman komputer terhadap suatu sistem yang telah dirancang sebelumnya.

13.Project Manager (Manajer Proyek)
Bidang pekerjaan yang melakukan manajemen terhadap proyek-proyek berbasis sistem informasi. Level ini adalah level pengambil keputusan. Jenis pekerjaan ini juga memiliki 3 tingkatan seperti halnya pada programmer,tergantung pada spesifikasi proyek yang dikerjakannya.

14.Instruktur Pemrograman
Bidang pekerjaan yang bertugas dalam melakukan bimbingan dan pengajaran dalam mendidik dan mengarahkan anak2 didik nya.

15.Profesional Analisis
Bidang pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Berbeda dengan pekerjaan-pekerjaan yang lain, pekerjaan ini hanya memiliki satu level saja  yang hanya berhubungan dengan orang yang kualifikasi dibidang tersebut yang memiliki tingkat profesi spesialis.

16. Operator EDP
Orang yang berprofesi mengeoperasikan program yang berhubungan dengan proses data suatu organisasi, perusahaan dll.

17. Sekuriti Administrasi
Mengelola dan menjaga sebagian atau keseluruhan dari akses-akses database dan jaringan.

18. Hacker
Menganalisa dan menguji suatu keamanan sistem dengan jalan menerobos dan memberikan keterangan tentang kekurangan suatu sistem tersebut kepada sang pembuat sistem tersebut

19. Cracker
Seorang yang mempunyai hobi untuk memasuki suatu sistem dengan cara ilegal dan berpotensi merusak suatu sistem keamanan.

20. Warnet Builder
Seorang yang dapat memberikan saran untuk pembangunan suatu usaha dibidang Jasa Internet mulai dari Konsep Layout, Instalasi Jaringan, dan Management usaha warnet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar