configure HTML

Rabu, 26 Desember 2012

JAVA SWING

 Selamat datang kembali di info tekhnologi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai, Apa itu SWING dan AWT pada Pemograman Java. Sedikit banyak silahkan di simak informasinya. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam.
Pengertian dan Sejarah Java SwingJava SwingJava Swing merupakan library Java yang digunakan untuk menciptakan Graphic User Interface (GUI) yang berbasis cross platform atau OS independent. User interface yang dibangun dengan Java swing dapat dijalankan pada sistem operasi apa saja yang mendukung Java dengan tampilan yang relatif sama, bahkandapat menyerupai user interface Windows XP, Mac OS atau Linux.
Sejarah SwingInternet Foundation Classes (IFC) merupakan library grafik untuk Java yang dikeluarkan pertama kali oleh Netscape Comminication Corporation pada 16 Desember 1996. Pada 2 April 1997, Sun Microsystems dan Netscape Comminication Corporation menggabungkan IFC dengan teknologi lain untuk membangun Java Foundation Classes.
Swing diperkenalkan sebagai mekanime yang dapat dilihat dan dirasakan tiaptiap komponen dalam sebuah aplikasi tanpa membuat perubahan pada substansi dalam pengkodean dari aplikasi. Perkenalan tersebut didukung dengan pluggabke kook and feel yang membuat komponen swing dapat digunakan dalam berbagai platform. Pada dasarnya, swing merupakan library yang terpisah. Namun, sejak Java Standard Edition 1.2 dipublikasikan, swing sudah termasuk ke dalam bagian J2SE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar